Hamilton raih juara dunia Formula 1 kelima kalinya

Mexico City (ANTARA News) – Lewis Hamilton merayakan trofi kejuaraan dunia balap Formula Satu untuk kelima kalinya setelah hasil Grand Prix Meksiko, Minggu, memastikan pebalap tim Mercedes tersebut tidak mungkin terkejar dalam perolehan nilai.

Hamilton, pebalap asal Inggris, hanya finis pada urutan keempat dalam GP Meksiko, namun itu cukup baginya untuk bisa menyamai rekor pebalap legendaris Argentina Juan Manuel Fangio yang juga pernah jadi juara dunia lima kali pada era 1950-an.

 Kini ia berpeluang untuk mengejar rekor  Michael Schumacher, juara dunia Formula Satu tujuh kali.

 GP Meksiko Minggu (Senin pagi WIB) kembali dijuarai  pebalap tim Red Bull Max Verstappen, sedangkan rival utama Hamilton, Sebastian Vettel dari  tim Ferrari finis pada urutan kedua.

 “Saya berterima kasih pada semua orang yang telah membantu saya hingga berada di sini dan mengangkat piala,” kata Hamilton, yang seusai lomba menunjukkan jiwa sportivitasnya dengan memeluk Vettel, kemudian mendatangi garasi tim Mercedes untuk menemui rekan-rekan timnya.

Boss tim Mercedes Toto Wolff memuji Hamilton yang menurutnya pantas menjadi juara.

 “Ia sudah benar-benar dominan dalam balap tahun ini,” katanya seperti dikutip Reuters.

 Pebalap Ferrari Kimi Raikkonen finis urutan ketiga, sehingga untuk kategori tim konstruktor peluang perebutan juara dunia masih terbuka, setidaknyahingga GP Brazil dua pekan depan.

Untuk sementara tim Mercedes masih memimpin klasemen konstruktor.

Baca juga: Hamilton start terdepan, gelar kelima di depan mata
Baca juga: Vettel kena sanksi, peluang Hamilton rebut gelar juara makin besar

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018