Ajang Mega Build Indonesia hadirkan bahan pengganti kayu

Jakarta (ANTARA) – Mega Build Indonesia, ajang pameran teknologi terkini di bidang bangunan menghadirkan bahan bangunan pengganti kayu dengan bahan dasar semen dan serat selulosa yang lebih ramah lingkungan.

“Kami menghadirkan bahan bangunan pengganti kayu sebagai solusi masalah lingkungan,” kata General Manager Sales & Marketing PT Conwood Indonesia, Deden Sarjana di ajang Mega Build Indonesia JCC, Jakarta, Jumat.

Menurut Deden, Conwood sebagai anak usaha Siam City Semen Group selalu menghasilkan produk-produk inovatif yang ramah lingkungan.

“Produk kami merupakan solusi dan alternatif penggunaan kayu bagi para arsitek karena terbuat dari bahan yang sama bukan dari kayu, namun memiliki kemampuan seperti kayu,” ujar Deden.

Deden juga menjelaskan, bahan dasar yang digunakan merupakan campuran dari 70% semen dan 30% serat selulosa yang dihasilkan melalui proses dan material yang ramah lingkungan dan 100 persen bebas asbes sehingga aman digunakan.

Selain itu, produk bangunan ini juga menerapkan nuansa alam ke dalam desainnya.

“Dalam pameran ini tema yang PT Conwood usung adalah ‘Amazing house Beyond Imagination’ yang mana mewujudkan imajinasi para user untuk memiliki hunian yang indah yang alami, tetapi ramah lingkungan,” ujar Deden.

“Yang jelas teknologi campuran semen dan serat selulosa memiliki beberapa kelebihan dibandingkan bahan kayu murni, yakni tidak dimakan rayap, tahan api, tidak perlu perawatan kayu seperti can minyak dan tidak akan keropos karena tahan air,” kata Deden.

Deden juga menjelaskan bahwa bahwa bahan bangunan semacam ini lebih tahan dalam segala cuaca sehingga usianya lebih lama, dan sudah menggunakan Swiss Profesional Technology (SPT).

“Materialnya lebih kuat tetapi mudah di aplikasikan seperti kayu,” ujarnya.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019