Basmi jentik nyamuk DBD dengan ikan cupang

Jakarta (ANTARA News) – Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim yang memimpin langsung kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus di Kelurahan Pademangan Barat, menyebar ikan cupang di sejumlah penampungan air yang menjadi sarang jentik nyamuk.

Kegiatan tersebut menemukan sebuah bak mandi yang menjadi sarang jentik di sebuah rumah di RW 09 Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara.

“Kita kasih ikan cupang di bak mandi itu. Insya Allah jentiknya habis dimakan ikan,” kata Ali kepada media, Jumat (8/2).

Tak hanya di rumah warga, penyebaran ikan cupang dilakukan di tempat penampungan air utama Masjid Jami Barakatul Jihad dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pademangan Barat 01. 

Ali berharap warga dapat menjaga lingkungan dari pertumbuhan jentik nyamuk. 

“Yang penting itu jangan sampai ada tempat atau wadah yang kemungkinan dapat menampung air hujan. Dibersihkan jangan sampai ada tampungan air,” tutupnya.

Tujuan utama kegiatan ini adalah menekan pertumbuhan jentik nyamuk untuk meminimalisir kasus Demam Berdarah Dangue (DBD).

Selain dengan ikan cupang, cara lain yang cukup mudah dilakukan antara lain dengan menanam tumbuhan jenis lavender atau mencacah daun serai.

Aroma yang dihasilkan oleh bunga lavender atau sereh dikenal sebagai bahan alami yang mampu mengusir nyamuk.*

Baca juga: Kadis KPKP DKI klarifikasi sentimen Gerai Cupang

Baca juga: Pemanfaatan cupang untuk berantas penyakit perlu maksimal

Pewarta:
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019