Begini tanggapan Dubes Belgia tentang MRT Jakarta

Sungguh penting untuk memiliki transportasi publik semacam ini di kota seperti Jakarta

Jakarta ( ANTARA News) – Dubes Kerajaan Belgia untuk Indonesia Stephane De Loacker memandang kehadiran Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dapat membuat masyarakat ibukota terbiasa menggunakan transportasi publik ketimbang kendaraan pribadi.

“Berdasarkan apa yang kami ketahui harga tiket (MRT) ini akan sangat terjangkau, dengan demikian masyarakat akan terdorong untuk menggunakan transportasi publik ketimbang kendaraan pribadi,” kata Stephane De Loacker kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan selain harga tiket MRT yang akan sangat terjangkau, hal-hal lainnya seperti  kenyamanan, terhindar dari kemacetan dan tepat waktu dapat membuat masyarakat pada akhirnya terbiasa menggunakan dan cenderung menyukai transportasi publik.

“Sekali masyarakat terbiasa menggunakan moda transportasi publik seperti kereta bawah tanah, MRT,  atau moda transportasi publik lainnya, mereka menyukainya,” ujar Dubes Belgia tersebut dalam wawancara yang bersahabat.

Stephane De Loacker juga mengaku sangat terkesan dan memuji pengalaman pertamanya dalam menjajal MRT Jakarta sebagai pengalaman yang sangat memuaskan.

“Sungguh penting untuk memiliki transportasi publik semacam ini di kota seperti Jakarta, dan saya berharap transportasi publik tersebut  akan digunakan oleh sebanyak mungkin masyarakat,” ujar Dubes Belgia itu.

Selain Dubes Belgia, kegiatan menjajal MRT Jakarta ini diikuti pula oleh Dubes Uni Eropa, Dubes Perancis, Dubes Italia, Kuasa Usaha Bulgaria dan puluhan perwakilan diplomatik negara-negara Eropa.

 Didampingi oleh Corporate Secretary PT Mass Rapid Transit Jakarta Muhammad Kamaluddin dan Direktur Pengembangan Bisnis PT Mass Rapid Transit Jakarta Ghamal Peris, para dubes dan perwakilan diplomatik negara-negara Eropa menjajal MRT mulai dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia hingga Stasiun MRT Lebak Bulus pulang pergi.

Para dubes dan perwakilan diplomatik negara-negara Eropa juga sempat meninjau kesiapan fasilitas-fasilitas di stasiun MRT dan melakukan sesi tanya jawab dengan perwakilan PT Mass Rapid Transit Jakarta.

Baca juga: Dubes Perancis nilai MRT Jakarta bantu hindari kemacetan

Baca juga: Tanggapi MRT Jakarta, Belanda: Kemajuan yang fantastis
 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019