Ewindo gandeng e-commerce dukung pertanian perkotaan

Jakarta (ANTARA) – PT East West Seed Indonesia (Ewindo) menggandeng dua perusahaan e-commerce Shopee dan Bukalapak untuk mendukung pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) yang tengah menjadi tren di kalangan generasi milenial.

“Hadirnya kami melalui Bukalapak dan Shopee untuk memudahkan petani mendapatkan benih sayuran dan bunga asli dari Ewindo,” kata Managing Director Ewindo, Glenn Pardede di Jakarta, Senin.

Glenn mengatakan, dalam rangka memberikan pelayanan kepada petani, Ewindo telah memiliki dealer di setiap provinsi dan sub dealer untuk menjangkau sampai ke desa-desa.

“Kami memiliki 7.000 petani dengan menggandeng Shopee dan Bukalapak akan memudahkan mendapatkan benih terutama bagi masyarakat perkotaan,” kata Glenn.

Glenn berharap penjualan melalui e-commerce dalam tiga tahun ke depan dapat mencapai 10 persen dari total penjualan.

Sedangkan Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan Zulharman mengatakan, distribusi melalui e-commerce akan memudahkan petani mendapatkan benih yang diinginkan, karena terkadang yang tersedia di desa tidaklah lengkap.

Zulharman juga mengatakan dengan penjualan resmi melalui dua e-commerce ini petani juga akan lebih aman terhindar dari pemalsuan benih.

Glenn untuk lokasi urban farming terbesar dilihat dari pembelian benih terbesar masih Jakarta, selanjutnya Medan, Pekanbaru dan lainnya

“Mengingat lahan di Jakarta terbatas biasanya warga bercocok tanam melalui hidroponik atau melalui aeroponik. Serta saat ini sedang menjadi tren,” ujar dia.

“Bisa dilihat di jalan sebelah Taman Ismail Marzuki, kebun kosong milik Angkasa Pura di Kemayoran, dan kawasan Duren Sawit, kawasan Marunda, serta pemanfaatan lahan LRT dan MRT. Warga di lokasi-lokasi tersebut merupakan petani kota yang handal,” ujar Glenn.

Urban farming ini dapat membantu ekonomi keluarga dan memperkuat ketahanan pangan untuk itu Ewindo telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi untuk mengajak warga lain bercocok tanam.
Baca juga: “Urban farming” dan ketahanan pangan
Baca juga: Jakpus tambah 50 lokasi Urban Farming tingkatkan ekonomi
Baca juga: Penghuni apartemen juga bisa bercocok tanam

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019