Harga bawang putih di Depok naik

Depok, Jawa Barat (ANTARA News) – Harga bawang putih di Pasar Agung dan Pasar Kemiri Muka, di Depok, Jawa Barat, naik sekitar 25 sampai 26 persen.

Di Pasar Agung Depok, Kamis, harga bawang putih di pasaran yang biasanya hanya Rp32.000 per kilogram naik dengan cukup banyak sebesar 25 persen hingga mencapai Rp40.000 per kilogram. Sedangkan, untuk harga bawang merah, stabil dengan harga Rp32.000 per kilogram.

Menurut Abdul, pedagang sayuran di Pasar Agung kenaikan harga ini telah berlangsung sejak akhir Januari 2019, yang dia katakan, dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi dan tidak menentu hingga bawang putih yang dipanen juga banyak yang tidak layak jual.

Lalu, pedagang sayuran di Pasar Kemiri Muka Depok, Mario, mengatakan, memang terjadi kenaikan harga bawang putih di Pasar Kemiri Muka sekitar 26 persen dari harga biasanya Rp30.000 per kilogram menjadi Rp38.000 per kilogram.

Di sisi lain, pembeli menyatakan bahwa kenaikan yang terjadi pada bawang putih sudah cukup memberatkan.

“Biasanya harga bawang merah dan bawang putih perbedaannya tidak terlalu jauh, bahkan cenderung lebih mahal bawang merah.” ujar Keke  pembeli yang ditemui di Pasar Kemiri Muka.

Baca juga: Kementan dorong importir tanam bawang putih di Kerinci Jambi

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019