Kapolres Jakpus ingatkan warga hindari hoak

jangan mudah menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya termasuk melalui media sosial

Jakarta (ANTARA News) – Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol. Harry Kurniawan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menghindari penyebaran berita bohong alias hoak.

“Hoak tinggalkan, jangan percaya adanya hoak. Dan jangan mudah menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya termasuk melalui media sosial,” tandas Kombes Pol Harry saat istighosah dan deklarasi menolak Hoak, Ujaran Kebencian, Radikalisme dan Politisasi tempat ibadah yang digelar oleh Generasi Muda Muslim Indonesia (GMMI) di Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat malam.

Keterangan tertulis Generasi Muda Muslim Indonesia yang diterima Jumat, Kapolres mengingatkan agar masyarakat tetap waspada di tengah derasnya arus informasi dan kemajuan perangkat gadget sehingga tidak mudah termakan hasutan berita hoaks dan tidak mudah pula menyebarkan berita dan informasi yang belum jelas kebenarannya.

“Setiap jamaah bahkan ada yang pegang satu atau dua HP. Dan minimal satu HP pasti terkoneksi ke internet dan sosial media. Maka saya ingatkan agar selalu bijaklah dalam menggunakan media sosial,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Komandan Kodim 0501 Jakpus Letkol Inf Wahyu Yudhayana mengingatkan agar seluruh informasi yang ada tidak terlalu cepat dikonsumsi tanpa melakukan klarifikasi terlebih dahulu.

Bahkan ia pun mengimbau agar apapun informasi dan persoalan yang dihadapi warga agar disampaikan pula kepada aparat berwajib agar dapat diselesaikan dengan baik dan adil.

“Saya bersama jajaran dan jajaran Polres akan selalu ada bersama-sama dengan bapak ibu adik-adik semua. Jika ada pesoalan apapun agar dikomunikasikan dengan pihak yang berwajib agar tidak mudah menyimpulkan apapun sebelum dikomunikasikan dengan pihak terkait,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua GMMI M Yuda Pratama menyatakan, pihaknya berkomitmen akan terus melakukan kegiatan deklarasi tolak politisisasi tempat ibadah, berita hoak dan radikalisme se-Indonesia.

“Insya Allah sebagai generasi muda yang peduli dengan keutuhan bangsa, kami akan mempererat keutuhan bangsa,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Walikota Jakarta Pusat, Camat Tanah Abang dan jajaran instansi pemerintah lainnya.

Baca juga: Majelis Taklim Khutoba-DKM Nurul Islam gelar dzikir keselamatan bangsa
Baca juga: Polri perkuat SDM lawan berita “hoax”
Baca juga: Dewan Pers dorong awak media utamakan verifikasi

Pewarta:
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019