KPU DKI inventarisasi kotak suara rusak

Jakarta (ANTARA) – KPU DKI Jakarta menginventarisasi jumlah kotak suara yang mengalami kerusakan di sejumlah tempat untuk segera diganti.

“Di setiap kota itu ada, walaupun tidak banyak, lebih dari 10 kotak yang rusak,” kata Komisioner KPU DKI Jakarta Nurdin di Jakarta, Senin.

Nurdin mengaku sudah turun ke sejumlah tempat untuk mengecek kotak suara yang rusak termasuk ke sejumlah gudang di beberapa kecamatan di ibu kota.

Temuan kotak suara yang rusak seperti rusak di bagian atas kotak, plastik mika yang lepas hingga ada beberapa kotak suara yang rusak dimakan rayap.

KPU DKI, kata dia, sudah melaporkan temuan itu kepada KPU Pusat untuk segera diganti menjelang jadwal pemungutan suara 17 April 2019.

Khusus kotak suara yang rusak karena dimakan rayap, KPU sudah melakukan pencegahan dengan fungisida.

“Untuk kotak suara yang dimakan rayap itu hanya di wilayah Jakarta Selatan, jumlahnya juga tidak banyak,” katanya.

Nurdin menambahkan KPU DKI Jakarta sedang memantau proses perakitan kotak suara yang dilakukan di sejumlah gudang kecamatan.

KPU RI menggunakan kotak suara berbahan karton karena dinilai jauh lebih efisien dibandingkan berbahan alumunium.

Kotak suara dari karton dapat menekan biaya sewa gudang setelah selesai digunakan karena tinggal dilipat, tidak seperti dari bahan aluminium yang membutuhkan banyak tempat.

Kotak suara karton juga dinilai lebih mudah dirakit jika dibandingkan kotak berbahan aluminium yang memerlukan mur dan baut.

Baca juga: KPU DKI ajak komunitas waria gunakan hak pilih pada Pemilu 2019
Baca juga: KPU DKI sediakan 12 TPS bagi pemilih disabilitas mental

Pewarta: Sri Muryono dan Dewa Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019