Pembongkaran JPO Pasar Minggu segera dilakukan

Jakarta (ANTARA) – Pembongkaran jembatan penyeberangan orang (JPO) Pasar Minggu, Jakarta Selatan,
segera dilakukan oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho di Jakarta, Kamis, mengemukakan, pihaknya akan mulai melaksanakan pembongkaran pada Jumat  malam. Saat dilakukan pembongkaran, akan ada pengalihan arus lalu lintas di kawasan tersebut.

“Berkaitan dengan rencana pembongkaran (JPO), jadi di lapangan sudah siap dengan tanda dan rambu-rambu jalan pengalihan lalu lintas,” ujarnya.

Hari mengatakan pembongkaran JPO akan berlangsung selama tiga hari, mulai 5 hingga 7 April 2019. Sementara proses fisik konstruksi akan mulai dikerjakan awal Mei 2019 dan diperkirakan selesai pada akhir November 2019.

“Mungkin juga awal Desember nanti seluruhnya sudah bisa beroperasi,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta Selatan Christianto mengatakan bahwa pengalihan arus lalu lintas hanya akan dilakukan pada Jumat malam pukul 22.00 WIB hingga Sabtu pagi pukul 04.00 WIB.

Pada waktu tersebut akan dilakukan proses penurunan gelagar jembatan sehingga area sekitar JPO harus steril dari kendaraan. Adapun pada Sabtu dan Minggu, rekayasa lalu lintas akan dilakukan secara situasional.

“Jadi pengalihan arus itu dilakukan pada Jumat malam sampai Sabtu pagi. Sabtu Minggu sifatnya situasional,” kata dia.

Berikut pengalihan arus yang akan diberlakukan berdasarkan informasi dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Bagi para pengendara yg melintas di jalan Raya Pasar Minggu menuju Depok, arus lalu lintas dialihkan mulai dari lampu merah Pejaten dibelokkan ke arah kanan menuju ke jalan Pejaten Raya dan belok kiri ke jalan Rusli Hakim.

Kemudian belok kiri kembali ke jalan Pejaten Raya, belok kiri kembali ke jalan
Sawo manila atau jalan Salihara (depan Universitas Nasional) menuju jalan ragunan dan lurus ke jalan Pasar Minggu untuk menuju arah depok.

Sedangkan bagi pengendara yang melintas di jalan Raya Pasar Minggu menuju Pancoran, arus lalu lintas jalan Lenteng Agung dialihkan belok kiri ke jalan Pertanian 3 dan tembus ke jalan Raya.

Bagi pengendara yang ingin menuju kuningan dapat lurus dan tetap berada di jalan Ragunan.

Sedangkan bagi pengendara yang ingin menuju Pancoran, dapat berputar arah di depan Litbang Pertanian dan belok kiri menuju jalan Salihara, belok kiri ke jalan Sawo Manila menuju jalan Pejaten Raya dan tetap berada di Jalan Pejaten Raya untuk menuju jalan Pasar Minggu ke arah Pancoran.

Pewarta: Sri Muryono dan Fatur Rochman
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019