Pemilih banyak belum kenal kandidat DPR dan DPD

Jakarta (ANTARA) – Survey Line Today menyebutkan masih banyak dari pemilih yang belum mengenal para calon legislatif atau kandidat DPR dan DPD pada Pemilu 2019.

“Dari 10 orang pemilih yang akan melilih calon legislatif, 8 di antaranya tidak mengenal calon yang akan mereka pilih,” kata Okta Wiguna, Lead Line Today, saat menjelaskan hasil survei yang dilakukan tim Line Today, dalam acara ‘Seru Bareng Line Today’, di Jakarta, Kamis.

Okta juga memaparkan, dari hasil survei yang dilakukan oleh line today yang melibatkan 33.000 responden 40 persen pemilih pada Pemilu 2019 adalah generasi milenial.

“Dari hasil survei yang dilakukan oleh tim Line Today, 40 persen pemilih yang akan memilih pada Pemilu 2019 adalah kaum milenial, ini merupakan satu angka yang besar yang akan mempengaruhi pemilu tahun ini,” kata Okta.

Okta juga memaparkan, sebanyak 85 persen atau 24.432 responden tidak mengenal profil calon legislatif DPD dan 15 persen atau 4300 responden sudah mengenal.

“Ini merupakan suatu hal yang menjadi motivasi kami untuk memberikan informasi yang penting terkait pemilu tahun ini, sehingga para pemilih bisa mengenal kandidat yang akan mereka pilih,” ujar Okta.

Selain itu, Okta juga menjelaskan alasan apa yang mempertimbangkan pemilih untuk memilih dan informasi apa yang diinginkan terkait calon kandidat legislatif pada pemilu tahun ini.

“33,6 persen memilih atas program kerja, 28 persen integritasnya, 23,40 persen profil, 9,30 persen partai, dan 5,70 persen wajahnya dikenal,” ujar Okta.

Okta juga mengatakan, generasi milenial adalah pemilih yang rasional, mereka akan mempertimbangkan untuk memilih jika mereka mengetahui program kerja yang akan dilaksanakan selama calon anggota DPR, DPRD, dan DPD menjabat.

Baca juga: Partisipasi milenial dan pemilih cerdas
Baca juga: KPU bidik pemilih milenial guna tingkatkan partisipasi

Pewarta: Ganet Dirgantara dan Agus Saeful Iman
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019