Wakapolda Metro Jaya imbau masyarakat peka terhadap hoaks

Jakarta (ANTARA) – Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat mengimbau masyarakat untuk peka terhadap hoaks dengan membedakan antara berita yang benar dan berita yang tidak benar.

Hal itu disampaikan Wahyu dalam kegiatan bakti sosial pengobatan gratis dan bantuan sembako untuk 1000 untuk kaum duafa yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Mabes Polri di Jalan Prepedan Kamal, Kalideres Jakarta Barat, Sabtu.

“Hoaks itu adalah berita yang tidak benar yang harus diklarifikasi sehingga kita harus melakukan check¬†and recheck terkait informasi yang diterima sebelum menyebarkannya. Ini sering dibahas bahkan di tengah-tengah masyarakat dalam percakapan,” ujar Wahyu di Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu.

Dalam sambutannya, Wahyu juga mengatakan membantu sesama yang membutuhkan uluran tangan dan mewujudkan rasa cinta kasih dan saling menolong adalah sesuai dengan tupoksi Polri yaitu sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat.

“Kegiatan bakti sosial dan pelayanan pengobatan gratis yang kita lakukan bersama diharapkan juga dapat menumbuhkan kembali rasa saling peduli, rasa kebersamaan dan untuk mempererat rasa persaudaraan kita sebagai sesama anak bangsa,” ujarnya.

Kakorbinmas Polri, Irjen Pol Heri Wibowo, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menegaskan bahwa kegiatan ini adalah murni kegiatan sosial dan memastikan tidak unsur politik atau kampanye dalam pelaksanaannya.

“Kegiatan sosial operasi kemanusiaan ini tidak ada kegiatan-kegiatan yang mungkin berkaitan dengan bendera-bendera politik dan ataupun dari partai tertentu. Ini murni dari Polri untuk kemanusiaan,” kata Irjen Herry.

Kegiatan dilanjutkan dengan menyambangi rumah warga masyarakat di sekitar Kalideres yang tidak memiliki biaya untuk berobat ke rumah sakit dan memiliki riwayat penyakit menahun.

Ada tiga warga yang dikunjungi di RT 02/03 Tegal Alur, Kalideres, Jakarta barat, yakni Sumarno (55) yang sudah satu tahun menderita stroke, Alamsyah (60) yang menderita sakit lambung dan jantung selama lebih dari setahun, dan Rina (72) yang menderita stroke sejak dua tahun lalu

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Ka Korbinmas Polri Irjen Pol Herry Wibowo, Dir Binpot Mabes Polri Brigjend Pol Syaiful Zachri, Wakapolda Metro Jaya, Brigjend Pol Wahyu Hadiningrat, Dir Binmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, Waka Pusdokkes Polri Kombes Pol Rusdianto, Kabag Anev Binmas Kombes Pol Ricky, Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi beserta jajaran dan Dandim Jakarta Barat beserta jajaran.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019